Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler)

Sistem komputer minimal
Bagan Komputer Minimal

Fungsi-fungsinya

  1. Pemroses (processor)
    Ini untuk mengendalikan operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.
  2. Memori utama
    Berfungsi menyimpan data & program.
    Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data & program yang disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.
  3. Perangkat input output
    Berfungsi memindahkan data antara komputer & lingkungan eksternal.
  4. Interkoneksi antarkomponen (bus)
    merupakan struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran.

Mickrokontroler

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebuah computer mikro yang memadukan CPU, ROM, RWM, I/O paralel, I/O seri, counter-timer, dan rangkaian clock dalam satu chip. Fungsi utamanya mengatur kinerja mesin atau system dalam sebuah program yang disimpan di ROM. Cara kerjanya pun hanya membaca dan menulis.

Keluarga mikrokontroler ada beberapa yang populer di pasaran, yaitu:

  1. AVR (Alv and Vegard’s Risc processor)
    Merupakan mikrokontroler RISC 8 bit. Penggunaan teknologi RISC ini menyebabkan sebagian besar kode instruksi dikemas dalam satu siklus clock. AVR sering digunakan dalam bidang elektronika dan instrumentasi.
  2. MCS-51
    Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur Harvard dan meskipun awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip tunggal, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64KB dan RAM luar 64KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk akses program dan memori data.
  3. PIC
    PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC1640.
  4. ARM (Advanced RISC Machine)
    Pada awalnya ARM dikembangkan untuk PC oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor­ Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut. ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32­bit RISC yang dikembangkan oleh ARM Holdings.

Terimakasih Kepada :
http://mata-cyber.blogspot.com/2014/08/modul-sistem-komputer-minimal-komputer-terapan.html
http://www.immersa-lab.com/pengenalan-mikrokontroler.htm

3 thoughts on “Sistem Komputer Minimal (Mikrokontroler)

  1. owh sekarang ane mengerti gan jadi Fungsi utamanya itu mengatur kinerja mesin atau system dalam sebuah program yang disimpan di ROM. yang kerjanya hanya membaca dan menulis… 😀 okeh terimakasih gan infonya 😀 😀

    Suka

Tinggalkan komentar